Sukses

Terlambat Haid, Kenapa?

19 Oct 2014, 08:10 WIB
Wanita, 19 tahun.
dok , saya mengalami keterlambatan haid, di bulan juni tanggal 15 saya haid, tapi sampai sekarang tanggal22 agustus saya belum haid, saya pernah berhubungan dengan pacar saya, tapi tidak mengeluarkan sperma di dalam, terus sayang tes pakai testpack, terakhir 16 agustus sudah 3 kali hasilnya negatif terus, faktor apa ya dok membuat saya belum haid ??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun terkadang siklus haid seseorang dapat terlambat 3-7 hari. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

  • Stress dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telur
  • Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • Hamil
  • dll

Bagaimana keseimbangan asupan gizi Anda selama bulan puasa ini? Apakah Anda menghitung siklus haid Anda?

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut.

Hubungan seksual di luar nikah bukan hanya dapat menyebabkan kehamilan. Hubungan seksual di luar nikah juga bukan hanya tidak baik secara medis, namun juga tidak baik secara agama. Jika Anda dan pasangan Anda belum menikah maka kami sarankan agar Anda dan pasangan Anda tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah ataupun tindakan-tindakan yang dapat menjurus pada hubungan seksual. Anda dan pasangan dapat melakukan kegiatan yang  positif dan menghindari tempat yang kurang ramai sehingga dapat mengalihkan pikiran dari kehendak ingin melakukan hubungan intim. Kegiatan bersama seperti berolah raga bersama, memasak bersama, melakukan hobi bersama dapat membantu Anda menghindari perbuatan yang akan Anda dan pasangan Anda sesali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar