Sukses

Menggigil Kedinginan

19 Oct 2014, 16:00 WIB
Pria, 41 tahun.
permisi,mau tanya, teman saya sering kedinginan pada malam hari juga pernah siang hari, secara tiba2...merasa dingin menggigil, juga pernah tenggorokan panas, sesak....dan dia juga ada benjolan di leher yg terdeteksi getah bening tapi sudah diobati, pertanyannya: betulkah gejala getah bening adalah kedinginan tersebut? apakah yg harus dilakukan buat cek kesehatannya (ke dokter spesialis apa)? apakah getah bening bisa diobati (normal nantinya) atau ada resiko2 dikemudian hari? terimakasih atas jawaban yg diberikan
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Gejala infeksi atau keganasan getah bening biasanya tidak memberikan gejala berupa kedinginan menggigil. Sebaiknya Anda membawa teman Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan (pemeriksaan darah, pemeriksaan hormon, dll). Juga diperlukan wawancara medis yang mendetil untuk mendapatkan informasi yang cukup untuk membuat diagnosis.

Ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi dingin dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal ini dapat merupakan kondisi normal pada beberapa variasi genetik yang memang tidak dapat mentoleransi dingin dan tidak perlu diobati. Hal ini diatasi dengan berpakaian lengan panjang atau hangat. Namun, hal ini dapat menandakan beberapa penyakit metabolik seperti kelainan hormon tiroid yang rendah (hipotiroid) atau efek samping dari obat-obat jantung dan psikiatri.

Jika teman Anda  sedang mengkonsumsi salah satu obat-obatan yang sebutkan di atas, Anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter yang memberi obat untuk penyesuaian atau penghentian.

Keluhan tenggorokan panas dan sesak juga memerlukan penelusuran lebih lanjut.

Pengobatan serta risiko baru dapat diketahui jika telah ditetapkan diagnosis pasti.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar