Sukses

Bunyi Berdenging dan Rasa Tersumbat Pada Telinga

12 Nov 2014, 14:07 WIB
Pria, 26 tahun.

Dear Dokter, Saya ingin konsultasi masalah kesehatan THT, Telinga Saya berdenging & tersumbat, Saya telah melakukan pengecheckan ke Dokter THT D+3 sejak telinga tersumbat, hasil check: telinga saya bersih & terdapat peradangan di salutan tuba, dan diberi obat Aldis SR & Limoxin Ambroxol HCI namun sekarang sdh D+9 gejala msh tetap telinga berdenging & tersumbat, namun di hidung tidak pilek. Beberapa minggu sebelumnya saya seperti alergi cuaca, kulit biduran, deman tinggi, pilek.. hidung sering tersumbat, ada percikan darah, serta prh mimisan sekali. Saya browsing internet, dan takut krn gejala seperti kanker nasofaring, yaitu pilek percikan darah, mimisan & telinga berdenging tersumbat. penyebab kanker tsb yg saya takutkan, dr makanan, namun saya tdk merokok & berusaha belajar hidup sehat. Saya takut setiap sakit, karena saya hidup sendiri. Saya rencananya akan ke dokter THT, setelah 2 minggu lg, krn sekarang kondisi badan blm sehat betul, masih sedikit batuk & sering kedinginan. Mohon info & tipsnya, Terima Kasih sebelumnya. Salam, Ant

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Kami berasumsi bahwa gangguan yang Anda alami adalah gangguan fungsi tuba eustachius. Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan kerongkongan. Fungsi Tuba ini sebagai ventilasi, pengeluaran cairan dari telinga tengah, dan mencegah masuknya cairan masuk dari kerongkongan ke telinga tengah.Tuba biasanya dalam keadaan tertutup dan baruterbua apabila oksigen diperlukan masukke telinga tengah atau pada saat mengunyah, menelan dan menguap.

Gangguan fungsi Tuba dapat terjadi oleh beberapa hal, seperti tuba terbuka terbuka abnormal, gangguan otot tuba, bibir sumbing berat, dan sumbatan pada Tuba. Pada kondisi Anda, kami berasumsi gangguan fungsi tuba disebabkan karena adanya sumbatan pada tuba.

Sumbatan pada tuba dapat terjadi oleh berbagai kondisi, seperti peradangan di daerah leher atau oleh tumor. Gejala awal timbul pada penyumbatan tuba adalah terbentuknya cairan pada telinga tengah. Keluhan biasanya berupa rasa penuh ditelinga, gema suara sendiri terasa lebih keras, perasaan ada air dalam telinga, suara mendesis, hingga berkurangnya pendengaran pada telinga dengan tuba yang terganggu.

Ada baiknya Anda tetap tenang dan tidak perlu khawatir, karena gejala yang Anda alami ini merupakan akibat dari saluran tuba yang terganggu, walaupun memang gejala ini mirip dengan kanker nasofaring (namun tentunya harus disertai gejala lain). Sedangkan adanya mimisan adalah karena pecahnya pembuluh darah kecil di cuping hidung, dimana kulit diatas anyaman pembuluh darah ini sangatlah tipis dan mudah pecah atau berdarah bila terkena trauma (misalnya memencet hidung saat sedang pilek) sehingga timbul mimisan ataupun hanya berupa percikan darah pada pilek Anda. Ada baiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mengetahui kesehatan Telinga-Hidung-Tenggorok dan menyingkirkan kemungkinan terburuk penyebab gejala yang Anda alami tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar