Sukses

Dahak Keluar Terus-menerus & Gurah

20 Oct 2014, 05:28 WIB
Pria, 20 tahun.
-Dahak keluar terus-menerus & Gurah- Selamat malam Dok... Pertama-tama saya mohon maaf jika saya mengajukan pertanyaan saya melalui comment disini. Hal ini dikarenakan saya tidak mengerti bagaimana cara mengajukan pertanyaan dan membuat thread baru untuk bertanya.. Saya memiliki masalah dengan dahak pada tenggorokan saya. Sering kali ketika sedang berbicara, tiba2 tenggorokan saya tersedak oleh dahak, bahkan juga ketika sedang menyanyi kadang dahak selalu keluar dan membuat suara menjadi serak karena tersedak. Kira2 kenapa ya dok penyebabnya? Dan langkah apa yang bisa saya ambil untuk menghentikan keluarnya dahak ini?Sebab saya sudah mencoba mengkonsumsi air hangat seperti yang dikutip dari berbagai sumber di internet, yang mengatakan bahwa meminum air hangat bisa mengurangi dahak pada tenggorokan, tetapi walaupun saya sudah melakukannya, dahak saya tetap tidak hilang. Omong-omong saya bukan perokok dan sudah lama mengalami ini, kurang lebih 2 tahun. Lalu pertanyaan terakhir saya mengenai gurah. Apakah gurah aman untuk dilakukan? Sebab saya membaca di internet bahwa masalah yang saya alami bisa dikurangi dengan melakukan gurah. Apakah gurah memiliki efek samping? Saya harap dokter bisa membantu saya memberi pemecahan atas masalah yang saya alami. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan banyak terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dahak dirasakan sering muncul di tenggorokan dapat saja tanda dari berbagai macam penyakit, misalnya Post Nasal Drip (PND), bronkhitis, infeksi saluran napas, Laryngopharyngeal Reflux (LPR) dan sebagainya. PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? HIdung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi.

Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT mengenai hal ini untuk diperiksa lebih lanjut.

Kami tidak menyarankan Anda menggunakan gurah. Keamanannya belum jelas. Memang ada yang meneliti gurah yang digunakan pada penderita sinusitis dapat mengurangi keluhan sehingga hidung terasa lebih lega, mengurangi bersin, dan pilek. Namun mengenai keamanan dan efektivitas gurah, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Daripada mencoba pengobatan tradisional yang belum jelas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter ahli THT.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar