Sukses

Musik Klasik bagi Anak

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 40 tahun.
Saya mempunyai seorang bayi berumur 6bln, tinggi 72cm berat 10kg. Selama ini kami sudah memberi mknan dan stimulasi (spt yg sering saya baca bhw yg terpenting genetik, mknan dan stimulasi). Bahkan setiap hari istri saya mengikuti stimulasi metode Glen Donman yg mengajar bayi membaca dan berhitung sebelum usia 1th dgn tidak memaksa agar tdk membuatnya trauma. Suatu hari saya mendengar saran teman saya agar anak saya disuntik otaknya supaya cerdas biayanya diatas 1juta. Pertanyaansaya: 1. Seberapa bsr pengaruh musik klasik bagi perkembangan bayi? 2. Seberapa bsr pengaruh metode membaca dan berhitung dimasa perkembangan otak bayi 0-3th? Apa benar semakin kecil bayi diajar, dia akan semakin pintar? 3. Dimana saya bisa mendapatkan suntikan otak supaya anak saya lebih cerdas spt yg dikatakan teman saya? Krn wkt saya menanyakan dia bilang ke DSA. 4. Brp maksimum AA, DHA, spingomelyn, alfa laktabumin, asamlinoleat dan linolenat yg hrs dikonsumsi seorg anak?begitu pula vitamin2 lain yg hrs dikonsumsi seorg anak? 5. Apa betul bila tubuh saya 44kg/164cm memiliki anak yg ukuran terlalu besar berat 10kg? shg keluarga kami mengatakan anak kami obesitas. Terus trg asi istri gak keluar jadi anak minum sufor.. 6. Oya thn dpn kami mau pindah ke Japan, kt teman sebaiknya sufor anak kami diganti sufor Japan mulai dr skrg agar kelak tdk sulit beli/ganti dan apa betul sufor japan lbh bagus gizinya dr sufor indonesia? Sekian dan terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

  1. Memperdengarkan musik mulai dari bayi dalam kandungan, bertujuan untuk memberikan stimulasi pada  indera pendengaran, otak maupun tubuh. Menurut beberapa penelitian yang berkembang bahwa dengan mendengarkan musik klasik akan merangsang gelombang otak yang dapat membantu pendidikan dan perkembangan emosi, serta menentramkan perasaan bayi. Apakah membuat menjadi pintar? Diperlukan penelitian yang lebih jauh seberapa pintarkah pengaruh musik dibandingkan dengan yang tidak mendapat paparan musik.
  2. Kami belum bisa menjawab pertanyaan ini. Namun, setiap anak memiliki tahapan tumbuh kembang yang harus dilalui dengan normal. Pertumbuhan menyangkut berat badan dan tinggi badan. Perkembangan menyangkut kemampuan motorik kasar dan halus, berbahasa (berkomunikasi), sosialisasi dan kemandirian. Stimulasi yang diberikan kepada anak juga seharusnya sesuai dengan usia anak. Untuk mengetahui apakah tumbuh kembang anak Anda baik, Anda perlu memeriksakan anak Anda ke dokter Anak.
  3. Apa yang Anda maksud dengan suntikan otak? Darimana informasi ini Anda dapatkan? Kami tidak mengenal istilah tersebut.
  4. Semuanya yang Anda sebutkan sebenarnya terkandung di dalam makanan, dalam hal ini adalah susu untuk bayi Anda. Yang penting adalah makanan yang seimbang. Jangan kurang, dan jangan berlebihan. Anda dapat menghitung kandungan nutrisi seperti yang tertulis pada kotak susu bayi. Lihat persentase AKG (Angka Kecukupan Gizi) dari masing kandungan dalam susu.
  5. Anak usia 6 bulan memiliki berat badan 10 kg menandakan bahwa anak mengalami obesitas. Obesitas adalah kondisi kelebihan gizi dan kondisi ini tidaklah baik bagi anak.
  6. Kami tidak tahu apakah susu formula Jepang lebih baik atau tidak, yang penting adalah susu formula yang diberikan sesuai dengan usianya.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar