Sukses

Olah Raga Setelah Sesar

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 28 tahun.
saya seorang ibu yang habis melahirkan secara ceasar dan saya ingin mengembalikan bentuk tubuh saya yang seperti semula. dokter saya mau bertanya : kapan ibu yg melahirkan secara ceasar boleh mengikuti atau malakukan senam erobik? terima kasih dokter
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berikan waktu untuk tubuh Anda menyesuaikan diri.

Sectio caesarea (SC) adalah merupakan suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi caesar bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. Selama proses penyembuhan tersebut memang sebaiknya tidak mengosumsi obat-obatan ataupun jamu-jamuan yang tidak diketahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan juga membatasi aktivitas yang berat.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh semula, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap setelah beberapa waktu dari proses penyembuhan yang berlangsung sempurna.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Memang merupakan suatu hal sulit untuk mengembalikan perut ke kondisi semula pasca melahirkan, karena itu diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. Menggunakan kain yang dililitkan ke perut tanpa melakukan olahraga tetap tidak dapat mengencangkan otot perut.

Apakah Anda menyusui bayi Anda? Dengan menyusui, sebenarnya akan membantu Ibu menyusui untuk menurunkan berat badan. Kami sarankan Anda tetap menjaga asupan nutrisi Anda agar kualitas ASI Anda tetap terjaga dengan baik. Kami sangat menyarankan dan mendukung pemberian  ASI eksklusif. ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar