Sukses

Jantung Atau Maag

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 31 tahun.
Jantung atau Maag... Dok, sebelumnya saya hendak menginformasikan jika saya menderita maag menurut dokter yang merawat saya, maag ini sudah sekitar 6 bulan saya rasakan. Saatini keluhan yang saya rasakan sekitar 5 hari ini...perut bagian bawah pusar terasa panas, jika ditekan terasa sakit, dan rasa sakit ini terasa bukan hanya saat saya menekan bagian tengah perut tapi samping kiri dan kanan. Saya sudah melakukan USG Perut dan normal saja, EKG juga normal. tes-tes lain belum dilakukan. Semalam saat sholat terawih, dada saya terasa sesak sekali dan jantung berdebar sangat kencang, hampir saja saya pikir akan meninggal, alhamdulillah perlahan menghilang setelah saya pasrah. Paginya dada kayak penuh dan geli, jika semua bagian dada ditekan terasa sakit, namun perut tidak sakit lagi. Saat ini saya mengkonsumsi obat Lansoprazole dan Inpepsa sudah hampir 2 minggu. Yang jadi pertanyaan saya : 1. apakah ini sakit jantung atau maag ? 2. apakah obat diatas boleh dikonsumsi untuk waktu lama ? terima kasih atas jawaban dan penjelasannya...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah sebelumnya Anda telah melakukan pemeriksaan EKG? Adakah keluhan batuk? Adakah keluhan nyeri dada?

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang menyeluruh untuk mengetahui apakah terdapat masalah jantung. Jika hasil pemeriksaan tidak menunjukkan kelainan maka dapat dikatakan bahwa Anda tidak memiliki masalah jantung.

Mengenai keluhan sakit perut Anda, bagaimana dengan Buang Air Besar (BAB) Anda? Adakah masalah? Adakah masalah pencernaan lain (mencret, sering kembung, dll)?

Obat maag perlu dikonsumsi jika mengalami keluhan. Keluhan maag muncul jika jadwal makan Anda tidak teratur, Anda mengonsumsi makanan-makanan yang terlalu asam, terlalu berbumbu, banyak minum kopi, stress, dlsb. Jika faktor-faktor pemicu gejala maag Anda dapat dikontrol maka Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar