Sukses

Saraf Terjepit

20 Oct 2014, 06:44 WIB
Wanita, 42 tahun.
Dok saya ingin menanyakan gangguan HNP uang saya rasakan. 2Th yll saya didiagnosa mengalami HNP keluhan yang sering timbul nyeri pada pinggang belakang kanan, tepatnya di atas pantat kanan. Kalo sedang nyeri maka kadang sampai pundak belakang saya ikut sakit(orang jawa bilang enthong2), menjadi mudah ngantuk dan cepat capek. Akibatnya saya jadi tidak bisa rutin OR dan banyak kegiatan yg menggunakan fisik.Saat ini kalau sedang banyak aktifitas kdang terasa agak nyeri. Kira solusinya apa ya dok supaya tidak sering kambuh tanpa mengganggu aktifitas pekerjaan saya yg ckup banyak
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Apakah selama 2 tahun ini Anda terus merasakan nyeri? Apakah tidak ada perbaikan dalam 2 tahun ini? Jika tidak ada perbaikan maka sebenarnya Anda perlu mengunjungi dokter spesialis saraf untuk mengetahui kondisi penjepitan saraf Anda saat ini, apakah mengalami perburukan atau tidak, dan apakah perlu dilakukan tindakan pembedahan atau tidak untuk membebaskan penjepitan saraf Anda.

 

Sementara waktu, rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  •  Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

  •  Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

  •  Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk melihat kembali dengan pemeriksaan radiologi (MRI) apakah kondisi penjepitan saraf Anda sudah cukup parah. Hal ini dikarenakan, penjepitan saraf yang semakin parah dapat memperburuk keadaan hingga terjadi kelumpuhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar