Sukses

Operasi Hipospadia

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 29 tahun.
dear dokter, saya ingin tanya apakah penderita hiposphadia yang sudah dewasa dapat dioperasi ( di normalkan )..dan apakah setelah operasi masih tetap bisa ereksi dan bisa melakukan aktivitas sex normal ( pasutri ) dan klo bisa ,,berapa kisaran biaya buat operasi hiphospadia trims..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hipospadia adalah suatu kelainan bawaan dimana meatus uretra eksternus (lubang kencing) terletak di bagian bawah dari penis dan letaknya lebih kearah pangkal penis dibandingkan normal. Hipospadia biasanya disertai bentuk abnormal penis yang disebabkan adanya chordee dan adanya kulit di bagian punggung penis yang relatif berlebih dan bagian bawah yang kurang. Penentuan tipe hipospadianya lebih baik dilakukan dengan pemeriksaan fisik. Penanganannya adalah dengan dioperasi.

Tujuan operasi pada hipospadia adalah agar pasien dapat berkemih dengan normal, bentuk penis normal, dan memungkinkan fungsi seksual yang normal. Hasil pembedahan yang diharapkan adalah penis yang lurus, simetris, dan memiliki meatus uretra eksternus pada tempat yang seharusnya, yaitu di ujung penis. Ada banyak variasi teknik, yang populer adalah tunneling Sidiq-Chaula yang memang dilaksanakan dalam 2 tahap. Untuk teknik lainnya, perlu didiskusikan dengan dokter bedah bersangkutan, karena sangat bergantung pada hasil pemeriksaan fisik Anda.

Sebaiknya Bapak berkonsultasi dengan dokter bedah plastik di rumah sakit besar atau rumah sakit rujukan. Kasus hipospadia ditangani oleh ahli bedah plastik. Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel berjudul: Hipospadia

Anda dapat menggunakan fitur Cari Rumah Sakit sebagai salah satu referensi pencarian rumah sakit dan Cari Dokter untuk salah satu referensi pencarian dokter. Untuk harga operasi, setiap instansi memiliki kebijakan masing-masing, untuk itu sebaiknya Anda menanyakan ke instansi (rumah sakit) terkait mengenai kisaran biayanya. Untuk harga yang lebih terjangkau, Anda dapat mengunjungi rumah sakit umum daerah atau rumah sakit pemerintah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar