Sukses

Sakit Pinggang, Kesemutan

16 Oct 2014, 17:16 WIB
Pria, 46 tahun.
Usia saya laki-laki 46 tahun, jarang saya lakukan olah raga. Pada suatu ketika bermain sepakbola dengan serius. Saat ini saya mengalami sakit pinggang dan cepat kram kaki jika jongkok; pinggang terasa sakit ketika bangun dari tempat duduk dan ketika tubuh bengkok ke depan. Mohon dokter bantuan infonya dan juga sarannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah sakit pinggang ketika bangun dari tempat duduk dan ketika membungkuk ke depan, cepat kram kaki jika jongkok.

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, persarafan tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Apakah keluhan sakit pinggang Anda menjalar? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan hasil pemeriksaan darah dan urin Anda? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Penanganan sakit pinggang saat ini adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri (analgesik) serta mencari penyebab sakit pinggang Anda. Untuk itu mungkin akan diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI. Jika sakit pinggang Anda tidak berkurang, kami sarankan Anda mengunjungi dokter kembali untuk mendiskusikan keluhan Anda dan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk penanganan yang optimal.

Keluhan kaki kram, apakah kram terjadi seperti kesemutan? Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar