Sukses

Penularan TBC

19 Oct 2014, 20:31 WIB
Wanita, 21 tahun.
apakah kalau kita berbicara dengan seorang yg positif TBC akan menular? bagaimana cara agar kita tidak tertular penyakit TBC kalau kita punya teman yg kena penyakit tersebut? padalah kita sering ngobrol dan satu kos juga. terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyebar luas dan menyerang seluruh organ tubuh, seperti paru-paru, otak, tulang, rahim, ovarium (indung telur), testis, dll. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis paru ke udara terutama saat batuk dan bersin. Orang yang menderita TBC paru menularkan TBC melalui droplet yang dihasilkannya saat batuk/bersin/berbicara dan jika terhirup oleh orang di sekitarnya maka mampu menyebarkan kuman penyakit kepada orang tersebut.

Selama pasien yang terkena TBC tersebut belum menuntaskan pengobatan dan masih memiliki TBC aktif, maka setiap droplet orang tersebut sangatlah infeksius. Sebaiknya penderita disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menyebarkan droplet.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar