Sukses

Olahraga Tidak Berkeringat, Normalkah?

19 Nov 2014, 12:34 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, Kenapa ya saya kalau habis Olaraga gak pernah keringatan? Apa saya kurang sehat Dok? Sekian pertanyaan saya terima kasih

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Seringkali patokan atau acuan masyarakat ketika berolahraga adalah jumlah keringat yang dihasilkan. Tidak jarang setelah selesai berolahraga ada komentar seperti “Kok tidak berkeringat? Olahraga beneran?” atau justru “Wah pasti olahraganya serius ya, sampai berkeringat banyak”. Lalu apakah benar kalau kita berolahraga harus selalu berkeringat?

Pandangan masyarakat tersebut sebenarnya kurang tepat. Patokan berat ringannya suatu aktivitas atau suatu olahraga bukanlah dari jumlah keringat yang dikeluarkan, akan tetapi dari intensitas aktivitas tersebut. Intensitas aktivitas ini dapat dinilai melalui beberapa cara, yaitu dengan mengukur denyut nadi atau denyut jantung, dengan menggunakan skala persepsi atau tes bicara/talk test.

Mengetahui intensitas olahraga yang tepat bagi Anda sangatlah penting, karena hal ini dapat membuat Anda terhindar dari olahraga yang terlampau berat dan juga menjaga supaya Anda tidak melakukan olahraga yang terlalu ringan sehingga tidak ada manfaat kesehatan yang diperoleh.

Untuk masyarakat umum yang tidak memiliki gangguan kesehatan atau penyakit khusus, rentang intensitas olahraga yang direkomendasikan adalah 50-85% dari denyut jantung maksimal Anda. Rentang ini menandakan bahwa aktivitas atau olahraga yang Anda lakukan berada di intensitas sedang.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : Benarkah Olahraga yang Benar Harus Sampai Berkeringat?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar