Sukses

Marah-marah dan Perubahan Perilaku

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 53 tahun.
Dok,ponakan sy marah2 krn tetangga selalu gaduh,telinga di korek2 bahkan skrang disumpel dng kapas,setiap hari mengajak ibunya bercerita sampai cerita yg mnganggap dirinya sudah berganti dengan diri orang lain (yg hebat2 jadi istri org terkenal dsb),diajak berobat tidak mau krn menganggap dirinya tdk sakit.Kalo sudah kesal dng tetangga seharian minta ibunya temani kluar.Kel sudah sulit menanganinya.Sakit apa ya dok,dan bgaimana cara membawanya k dokter kalo dia slalu tidak mau???
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mendengar cerita Anda, tampaknya keponakan Anda mengalami keanehan dalam perilakunya, mungkin ada gangguan dalam cara pikir dan isi pikirnya. Menganggap diri sebagai orang lain atau menganggap diri menjadi istri orang terkenal mungkin menunjukkan bahwa ia memiliki waham. Waham adalah gangguan isi pikir yang bertentangan dengan pandangan orang umumnya dan tidak dapat dibantah. Waham merupakan salah satu tanda dari skizofrenia. Ciri lain dari skizofrenia adalah ada halusinasi, misalnya mendengar sesuatu padahal tidak ada suara, melihat sesuatu padahal tidak ada objeknya. Adanya waham auditorik (suara) dapat ditandai dengan berbicara sendiri atau tertawa sendiri.

Namun, sebelum memastikan adanya gangguan jiwa, maka tentunya perlu diperiksa oleh dokter. Kami menyarankan agar Anda membawanya ke dokter jiwa atau psikiater untuk diperiksa lebih jauh. Menganggap diri tidak sakit bisa jadi bahwa sakit yang diderita sudah berat. Mungkin Anda dapat memaksanya berobat ke psikiater atau meminta psikiater datang ke rumahnya.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar