Sukses

Psikosomatis Vs. Serangan Panik

19 Oct 2014, 04:08 WIB
Wanita, 18 tahun.
Keluhan saya sudah saya jelaskan di https://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2011/07/27/13377/jantung-vs--psikosomatis Apakah yang saya alami itu psikosomatis atau panic attack? Karena ketika saya mengalami itu saya merasa sangat ketakutan akan penyakit jantung, takut mati, takut ditinggal sendirian karena takut kambuh, dan bahkan takut makan daging dan makanan berlemak lainnya karena takut akan memperburuk keadaan.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Psikosomatis yang tidak ditangani dengan baik dan telah berlangsung dalam waktu lama memang dapat mengakibatkan gangguan cemas dan serangan panik. Untuk menentukan diagnosis dari kondisi kesehatan Anda saat ini, terlebih dahulu perlu dilakukan wawancara medis yang mendetil untuk mengetahui klasfikasi diagnosis yang Anda alami. Setelah mendapatkan diagnosis yang tepat melalui wawancara medis mendetil dan terarah maka dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai.

 

Penatalaksanaan serangan panik dan gangguan cemas dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

Saat ini kami sarankan Anda mengunjngi dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dan pemberian obat. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda. Anda juga dapat mencoba  mengatasi serangan panik tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan
  • Dll

Selain itu, untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas, Anda dapat juga mencoba untuk melakukan suatu terapi kelompok atau konseling dengan psikiatri. Akan lebih baik jika Anda mampu mengatasi serangan Anda tanpa obat-obatan dibandingkan ketergantungan terhadap obat penghilang rasa cemas.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai terapi kelompok, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Terapi Kelompok Redakan Stress.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar