Sukses

Hamil, Keluar Cairan

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 29 tahun.
Dear Dokter, Saat ini istri saya sedang hamil dalam usia kandungan 23 Minggu.Beberapa hari terakhir keluar cairan bening dan sering terjadi apabila kondisi istri saya kecapekan.Mohon info dari dokter terkait kasus pada istri saya?.....Terima Kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah istri Anda mengalami pengeluaran cairan secara terus menerus?

Kami memahami kekhawatiran Anda. Terdapat dua kemungkinan cairan yang keluar dari vagina saat kehamilan, yaitu urin atau cairan ketuban. Namun, sebelum membuat Anda lebih khawatir sebaiknya kenali dahulu ciri dari masing-masing cairan tersebut. 

Untuk membedakan kedua cairan tersebut, ingat seberapa sering dan kapan terjadinya. Jika hanya pada saat tertentu seperti saat batuk, bersin atau tertawa terbahak-bahak, maka cairan yang keluar lebih mungkin berupa urin.  Kenapa dapat terjadi? Hal ini dapat disebabkan karena tekanan dari rahim (uterus) yang membesar menekan kandung kemih (vesika urinaria ). Untuk mengatasi ini, Anda dapat melatih otot di sekitar vagina dengan cara latihan Kegel. Namun, tetap jangan kurangi minum karena ingin menghindari hal ini. 

Sedangkan cairan ketuban dapat berwarna jernih, kekuningan, cenderung merah muda, cokelat atau hijau. Namun jika terjadi kebocoran air ketuban, maka keluarnya cairan akan terjadi secara terus menerus. Meskipun dapat juga terjadi perembesan sehingga keluar sedikit-sedikit namun terjadi cukup terus-menerus.

Jika pengeluaran cairan terjadi secara terus menerus, maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi kehamilan istri Anda saat ini. Dokter perlu melakukan pemeriksaan USG untuk melihat jumlah cairan ketuban istri Anda untuk memastikan kondisi kehamilan istri Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF) 

 

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar