Sukses

Kulit Bercak Merah

17 Oct 2014, 15:30 WIB
Pria, 24 tahun.
dear dokter, saya mempunyai keluhan mulai dari umur antara 15 dan 16 tahun kulit kaki dan tangan saya timbul bercak-bercak merah namun tidak berlangsung lama hingga 4 hari bercak tersebut lambat laun memudar lalu menghilang..kejadian timbul bercak merah ini berlangsung apabila kondisi tubuh saya sedang turun (seperti saat akan demam).bercak-bercak merah ini sama sekali tidak sakit jika ditekan. saya sudah pernah konsultasi dengan dokter kulit di RS Fatmawati namun diagnosanya saya hanya diberi tahu bahwa ini alergi biasa..lalu saya diberi obat alergi dan bedak racikan..tapi ternyata itu tidak berhasil karena bercak merah tersebut tetap selalu muncul selama kondisi tubuh saya sedang tidak fit.. mohon petunjuk dokter, kira-kira penyakit apa yang saya alami dan apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan selamanya bercak-bercak merah tersebut? terima kasih sebelumnya dan saya senang dengan adanya forum tanya jawab di website ini..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.

Di mana lokasi tepat bintik merah tersebut? Luasnya?

Bercak-bercak merah memang dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: virus). Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu yang Anda pakai ketika kondisi tubuh Anda sedang tidak fit.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter saat keluhan bercak merah terjadi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung saat terjadi gejala. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal, sesuai dengan diagnosis kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar