Sukses

Flu dan Mencret Bayi

18 Oct 2014, 02:25 WIB
Wanita, 27 tahun.
Sore Dok, Sepupu saya bayi umur 9 bln. udah 2 minggu ini pilek gak sembuh2,udah di bawa k dokter. malahan skr hanpir 4 hari mencret2 dan fesesnya ada lendir disertai darah???apa sebabnya dok?dan obat apa yg harus kita berikan??mhon penjelasam.. Thanks....
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Yang paling dibutuhkan adalah cairan (ASI) untuk mengencerkan dahak. Agar ingus tidak kental, Anda dapat memberikan air garam steril sebagai tetes hidung. Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan berAC (kering).

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Obat-obatan yang diberikan sebaiknya diberikan oleh dokter yang telah melakukan pemeriksaan fisik pada sepupu Anda dan mengetahui kondisi kesehatan sepupu Anda. Pemberian obat-obatan akan membantu mengurangi gejala pada sepupu Anda dan membantu sepupu Anda merasa lebih nyaman.

BAB yang disertai lendir dan darah harus diwaspadai karena infeksi. Kami sarankan Anda segera membawa sepupu Anda ke dokter.

 

Yang perlu diperhatikan pada anak diare adalah memperhatikan agar jangan sampai anak kurang cairan. Penting untuk diberikan oralit setiap kali anak diare. Perlu juga tetap mengkonsumsi makanan sehari-hari dalam jumlah yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar