Sukses

Menghilangkan Bekas Luka Knalpot

15 Aug 2015, 22:06 WIB
Pria, 25 tahun.

dok saya mau nanya, bisakah bekas luka bakar dikulit dhilangkan biar sperti semula?dikaki kanan saya terdapat bekas luka akibat tersenggol knalpot motor.bekasnya berwarna hitam yg mengganggu penampilan. obat apakah yg manjur tuk menghilangkanya? trima kasih tuk jawabanya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), berwarna putih (hipopigmentasi), atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka, dan faktor genetik (keturunanan).

Pada luka kehitaman (hiperpigmentasi) dapat menggunakan krim, chemical peeling, ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis aman dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan oleskan pada malam hari.

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dan sudah berapa lama terjadi. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar