Sukses

Cegah Prurigo

20 Oct 2014, 10:27 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat siang dok, Saya ingin tanya,, beberapa hari yang lalu saya baca sebuah artikel mengenai penyakit prurigo ( darah manis ) dan sepertinya saya mengalami gejala prurigo.. karena di kaki saya ada bekas seperti di gigit nyamuk berwarna coklat, jika kambuh maka benjolan tersebut akan muncul ... Walaupun cuma ada 1 bekas tapi itu sangat menggangu.. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menyembuhkan penyakit prurigo dan menghilangkan bekasnya.. Terima kasih,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebenanrya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui gambaran lengkap dari bekas luka Anda, karena diagnosis penyakit kulit paling baik untuk ditegakkan bila dilihat secara langsung. Prurigo dapat dialami setiap orang dalam segala usia, namun paling sering ditemukan pada kisaran usia 20-60 tahun.

Penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

  • Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen), faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
  • Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain
  • Faktor hormon / endokrin
  • Alergi makanan dan obat
  • Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik.
  • Anemia kekurangan zat besi

Dan hingga 80% penderita prurigo memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa penderita prurigo biasanya memiliki kecenderungan alergi. Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dan lindungi kulit dengan pelembab setiap saat secara berkala. Penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik sebaiknya dihindari karena akan membuat kulit semakin kering.

Air yang mengandung belerang berfungsi sebagai anti infektif yang justru tidak membantu jika Anda memiliki kulit atopik (alergik).

 

Untuk menghilangkan bekas luka kehitaman atau yang dalam dunia medis disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi, dokter dapat memberikan krim kulit yang mengandung hidrokuinon. Kadar hidrokuinon yang dijual bebas adalah 2%. Pemberian krim lebih dari kadar itu, biasanya 4%, perlu diberikan dibawah pantauan dokter. Proses untuk menghilangkan bekas luka kehitaman tetap saja membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan kesabaran. Selain itu juga, mengontrol penyebab terjadinya luka pada kulit Anda lebih penting untuk dilakukan.

Untuk memastikan diagnosis, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan penanganan yang optimal. Dengan penanganan yang benar dan menemukan faktor pemicu yang paling berat maka penyakit Anda dapat dikontrol.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar