Sukses

Atasi Keratosis Pilaris
20 Oct 2014, 06:38 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok lengan atas saya mengalami keratosis pilaris,,bagaimana cara menyembuhkannya karena sangat mengganggu (kasar dan berwarna merah kecoklatan). Apabila berobat kira-kira biayanya sekitar berapa ya dok? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keratosis Pilaris (KP) merupakan kelainan kulit yang diturunkan yang terjadi karena sumbatan folikel rambut oleh keratin sehingga menyebabkan tampaknya papul-papul kecil pada kulit. KP berhubungan dengan kulit kering dan umumnya terjadi di masa anak-anak, menjadi semakin banyak di kala pubertas, dan perlahan menghilang di kala dewasa. KP tidak berbahaya dan tidak infeksius. KP seringkali muncul pada bagian luar lengan atas atau lengan bawah, dan dapat terjadi juga pada tungkai atas (paha), tangan, bagian atas tungkai bawah, bokong.

Hingga kini tidak ada terapi yang memuaskan untuk menyembuhkan KP.

Anda dapat mengurangi salah satu faktor risiko untuk mencegah perburukan, yaitu mengurangi atau mengatasi kondisi kulit yang kering dengan cara menggunakan sabun yang tidak terlalu asam, memakai pelembab secara teratur (2x/hari), dan mandi air hangat, bukan air panas karena air panas akan menghilangkan kelembaban alami di kulit. Apabila KP sudah menghilang maka perlahan-lahan bekasnya juga akan menghilang. Hal tersebut dapat dibantu dengan krim retinoid atau salisilat atau bahan yang mengandung peeling dalam kadar sedang. Penggunaan krim yang mengandung asam salisilat, asam laktat, dan atau urea cukup dikatakan cukup efektif. Untuk lebih mendetil, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Untuk harga pelayanan, setiap dokter memiliki kebijakan sendiri, untuk itu Anda dapat menanyakan langsung pada klinik atau rumah sakit tempat dokter Anda berpraktek.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar