Sukses

Tiap Bulan Terkena Sariawan

12 Mar 2015, 08:48 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat Sore Dok, suami saya tiap bulan terkena sariawan, apa bisa mengakibatkan kanker... dan metode pencegahan serta pengobatannya gmn? soalnya butuh waktu 2 mggu baru sembuh setelah dikasih obat... Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Stomatitis Aphtous Reccurent atau yang di kalangan awam disebut sariawan adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut.SAR sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting.

Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi.Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal).

Pada kasus yang sedang hingga berat, dapat diberikan salep yang mengandung topikal steroid. Dan pada penderita yang tidak berespon terhadap obat-obatan topikal dapat diberikan obat-obatan sistemik.

Kami anjurkan suami anda untuk memeriksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Anda dapat membaca informasi lebih lanjut mengenai sariawan dalam artikel yang telah kami sediakan : Sariawan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar