Sukses

Flek Coklat pada Kulit

21 Nov 2014, 00:24 WIB
Pria, 19 tahun.

dok, saya mempunyai flek berwarna coklat tua di dada sebelah kanan saya. awalnya kecil, tapi lama-kelamaan makin besar, dan saya sudah mencoba berbagai krim kulit, namun tidak ada hasil. bagaimana cara agar flek tersebut hilang dok??

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, iritasi kulit atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi.

Kami juga perlu menanyakan beberapa pertanyaan seperti sejak kapan keluhan tersebut muncul? apakah flek tersebut lebih tinggi atau sama tinggi dengan permukaan kulit? apakah timbulnya flek coklat tersebut disertai keluhan lain seperti nyeri, kesemutan, baal atau lainnya?Krim kulit apa yang sudah Anda gunakan?

Jika keluhan Anda merupakan hiperpigmentasi, maka hal ini tidak berbahaya. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah  tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dan lamanya bekas luka Anda. Dasar penanganan suatu hiperpigmentasi biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka.

Namun, sulit bagi kami untuk memastikan diagnosis dan terapi yang tepat untuk Anda karena keterbatasan data dan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Cara paling baik untuk mendiagnosis suatu masalah atau keluhan pada kulit adalah dengan memeriksa secara langsung. Pengobatan yang diberikan pun akan disesuaikan dengan berat atau ringannya kondisi kelainan kulit tersebut. Kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter kulit untuk pemeriksaan fisik langsung sehingga dapat memperoleh penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar