Sukses

Cacar Saat Hamil

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 30 tahun.
Pagi dok, saya mau tanya obat atau salep apa sebaiknya digunakan untuk mngobati cacar yang ada dikulit kepala? saat ini saya sedang sakit cacar air yang mejalar dari kepala, muka, kuping, badan, paha dan tangan. selain itu cacar juga ada disekitar kemaluan saya. saat ini saya sedang mengandung 27 minggu dan sudah diberikan obat oleh dokter kandungan berupa Isoprinosine yang diminum 4x1 tiap selasa dan kamis, acyclovir diminum 3x1 dan sanmol bila ada demam. saya juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C dan saya meminum CDR. bagaimana mengobati cacar yang telah mengering? saya juga mandi menggunakan dettol dan betadine. Apakah boleh menggunakan bedak untuk mengurangi rasa gatal? bagaimana juga mengobati cacar yang masih melenting agar cepat kering dan tidak berbekas? terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Sebenarnya Acyclovir yang diberikan melalui diminum sudah merupakan pengobatan cacar pada seluruh kulit yang terkena. Ada juga salap Acyclovir yang dapat diberikan, namun keamanan obat ini dalam bentuk salap belum jelas pada ibu hamil (yang dalam bentuk diminum aman). Jadi, menurut kami tidak perlu dioles-oles obat lain. Cacar yang sudah mengering berarti sudah akan sembuh, jadi tidak usah diapa-apakan lagi. Bedak dapat diberikan pada cacar yang tidak basah, misalnya yang sudah mengering maupun yang masih melenting, tetapi bila pecah dan masih basah, bedak tidak diperbolehkan. Efek (komplikasi) dari cacar adalah bekas pada kulit, dan hal ini sulit untuk dihindari.

Yang penting diperhatikan adalah Anda terserang cacar pada saat hamil. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena takut berefek pada janin Anda. Gangguan janin paling mungkin terjadi bila cacar terkena pada trimester I kehamilan (14 minggu pertama). Karena itu, sangat penting Anda memeriksakan diri teratur ke dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar