Sukses

Nyeri Payudara dan Kehamilan

20 Oct 2014, 07:39 WIB
Wanita, 25 tahun.
selamat pagi klik dokter saya mau menanyakan, sudah 3 minggu belakangan ini 2 payudara saya bagian bawah dekat perut terasa sakit. saya pernah baca di artikel tentang tanda tanda hamil salah satunya terjadinya pembengkakan payudara bila wanita hamil, untuk haid satu bulan terakhir telat 7 hari dari biasanya. saya sangat pengen hamil, saya kira sakit itu ada hubungannya dengan kehamilan tetapi hari kedelapannya saya haid kembali. apakh sakit itu normal atau tidak? apakah betul wanita dapat hamil setelah haid terakhir, yang katanya haid terakhir tersebut fungsinya untuk pembersihan dinding rahim? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Menjelang menstruasi, memang dapat terjadi pembengkakan atau ras nyeri pada payudara. Hal ini wajar terjadi, dan termasuk dalam bagian sindrom pra menstruasi (PMS/Pre Menstrual Syndrome) Tipe H.

PMS tipe H (hyperhydration) memiliki gejala edema (pembengkakan), perut kembung, nyeri pada buah dada, pembengkakan tangan dan kaki, peningkatan berat badan sebelum haid. Gejala tipe ini dapat juga dirasakan bersamaan dengan tipe PMS lain. Pembengkakan itu terjadi akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel (ekstrasel) karena tingginya asupan garam atau gula pada diet penderita. Pemberian obat diuretika untuk mengurangi retensi (penimbunan) air dan natrium pada tubuh hanya mengurangi gejala yang ada. Untuk mencegah terjadinya gejala ini penderita dianjurkan mengurangi asupan garam dan gula pada diet makanan serta membatasi minum sehari-hari.

Kami memahami keinginan Anda dan pasangan agar Anda dapat segera hamil. Apakah Anda dan suami telah melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda? Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi Anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.
 

 

Perlu juga diperhatikan:

 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Anda ingin hamil.
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (suami dan istri).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  •  

  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).
  •  

 

 

 

 

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait dengan persiapan Anda  untuk mendapatkan keturunan :

 

Merencanakan Kehamilan


 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan


Persiapkan Kehamilan Dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar