Sukses

Hamil dan Cacar Air

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat pagi dok, saya sedang hamil 6 bulan. saat ini saya memiliki keluhan terdapatnya bintik2 yang melepuh kecil2. bila disentuh atau pecah rasanya perih. badan saya juga seperti mau flu, meriang. tulang rasanya ngilu, badan rasanya pegal dan sakit semuanya. Apakah ini gejala cacar air dok? titik2 yang melepuh disekitar perut, payudara, pundak dan ada dileher juga mulai timbul di punggung tangan kanan. warnanya merah. dari kemarin saya keringat dingin, lidah rasanya pahit dan perih, dibuat makan terasa hambar. apakah berbahaya untuk janin saya? saya mohon penjelasannya ya dok. terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter


Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

 

 

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

 

 

Untuk menentukan diagnosis Anda, perlu dilakukan pemeriksaan fisik. Kelainan kulit perlu didiagnosis melalui pemeriksaan langsung. Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen atau melalui udara. Pada permulaannya, memang penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Kemerahan pada kulit lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis.

Cacar air yang terjadi pada wanita hamil dapat menular kepada janin dalam kandungan melalui plasenta dan menimbulkan infeksi pada janin. Infeksi yang terjadi pada usia kehamilan dibawah 28 minggu dapat menyebabkan beberapa kelainan/cacat pada janin yang bervariasi derajat keparahannya, seperti:

  • Kerusakan otak : ensefalitis, mikrocephaly, hidrosefalus, aplasia otak (tidak terbentuknya otak)

  • Kerusakan mata : microphtalmia, katarak, korioretinitis, atropi optik

  • Kelainan sistem saraf

  • Kelainan pada bentuk tubuh : hipoplasi lengan atau kaki, disfungsi kandung kemih, dll

  • Kelainan kulit

  • Retardasi mental

  • Kematian janin

 

 

 

 

 

 

 

Cacar air umumnya dapat sembuh sendiri namun bersifat sangat menular (melalui udara) hingga ± 7 hari sejak timbulnya gejala kulit. Pada kondisi di mana daya tahan tubuh seseorang sedang menurun, seperti selama kehamilan, gejala cacar air dapat menjadi lebih berat dari pada umumnya. Untuk itu, penuhilah kebutuhan nutrisi Anda dan janin saat ini dengan baik, istirahat yang cukup, dan jkami sarnakan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda agar dokter dapat melakukan pemantauan optimal dan juga memberikan terapi yang diperluka

 

 


Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar