Sukses

Perdarahan Saat Keguguran

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 27 tahun.
selamat pagi, saya calon ibu cuma sayang sudah dua bulan calon anak kami, saya mengalami keguguran..sabtu 11 juni 2011 saya mengalami pendarahan yang sangat hebat dr pukul 23.00 - 02.30 disertai gumpalan-gumpalan darah yg saya yakin itu anak saya...saya mengeluarkan darah sd hari ini 16 juni 2011.perut saya juga terkadang sangat sakit. yang mau saya tanyakan : 1. apakah kondisi seperti ini wajar? 2. apakah saya masih bisa hamil? 3. apakah rahim saya sudah bersih (saya tidak mau kuret) 4. bolehkah saya berhubungan lagi? terima kasih atas jawaban dokter selamat pagi
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

  1. Keguguran memang akan menyebabkan terjadinya perdarahan. Jadi hal tersebut adalah wajar. Tetapi yang dikhawatirkan adalah bila jaringan janin ada yang tersisa di rahim, maka perdarahan tidak dapat berhenti. Anda perlu melakukan pemeriksaan USG kandungan untuk mengetahui apakah ada jaringan sisa. Bila ada harus dikuret.
  2. Anda masih bisa hamil meskipun sudah mengalami keguguran.
  3. Untuk memastikan bersih tidaknya rahim, diperlukan pemeriksaan USG (bila masih berdarah). Bila masih berdarah kemungkinan besar masih belum bersih.
  4. Berhubungan sebaiknya dilakukan setelah tidak terjadi perdarahan. Disarankan untuk menunda kehamilan 3 bulan setelah keguguran. Jadi, sebaiknya anda menggunakan KB terlebih dulu.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar