Sukses

Dada Kedutan

20 Oct 2014, 05:18 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dear dokter saya ada masalah dengan dada saya kadang suka kedutan atau seperti ada yang tekan2 dari dalam sebelum nya saya merasa nyeri dan pegal di punggung lalu saya ke dokter katanya saya hanya mengalami otot dan peredaran darah di dada tidak laancar lalu saya di beri obat hufadine dan grafadon saya tanya apa saya harus periksa lebih detail dokter bilang tidak perlu tapi sampai saat ini dada saya masih terasa kedutan bahkan setiap kedutan buat saya jadi mual dan tenggorokan saya gatal. yang ingin saya tanyakan apa betul yang dokter saya bilang hanya otot dada dan peredaran darah di dada tidak lancar lalu kenapa sampai saat ini saya belum merasa baik. saran dokter akan sangat membantu untuk saya sebelum nya saya ucapkan terimakasi.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah rasa kedutan pada dada, nyeri dan pegal di punggung, mual dan tenggorokan gatal. Sejak kapan keluhan ini sudah Anda rasakan? adakah Anda merasakan seperti terbakar pada daerah dada? Adakah rasa asam Anda rasakan pada lidah? Apakah Anda memiliki riwayat maag? Bagaimana dengan jadwal makan, istirahat dan olah raga Anda?

Keluhan gangguan otot memang dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat sehingga mempengaruhi stamina tubuh Anda.

Untuk informasi mengenai pola hidup sehat untuk menjaga stamina maka Anda dapat mengunjungi artikel kami yang berjudul

 

Pola Hidup Sehat

.

 

Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan:

  1. Makan teratur (3x/hari)
  2. Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)
  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  4. Tidak merokok
  5. Bila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopi
  6. Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Bila keluhan-keluhan tersebut masih terus sangat mengganggu, kami sarankan Ibu/Saudari berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Mungkin juga keluhan yang Ibu rasakan termasuk dalam golongan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan anda mengarah ke psikosomatis karena tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan penunjang pada anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar