Sukses

Nyeri Sendi Asam Urat

18 Oct 2014, 22:11 WIB
Pria, 59 tahun.
dok, papa saya kaki kanan nya bengkak di bgn mata kaki nya dan terasa sakit tak tertahankan sampai mengalami kesulitan utk berjalan. Menurut hasil pemeriksaan diduga karena tingginya asam urat setelah dilakukan cek lab.; lalu stlh berobat dan kadar asam urat kembali normal, akan tetapi bengkak pada kakinya tidak mengalami penurunan, hnya rasa sakitnya menurun dan mulai dapat berjalan secara normal. Apakah terjadi peradangan akibat asam urat??atau krn hal lain??kira2 apa solusi terbaik untuk kakinya?? sbg ref. papa hipertensi, dan menderita maag.. Mohon bantuan nya dok..Terima Kasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, nampaknya Ayah Anda mengalami artritis gout atau kelainan sendi karena asam urat.

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi sering ditemukan di sekitar jari tangan, di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki, selain itu dapat ditemukan juga  pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki) dan pita suara (sangat jarang terjadi).

Tampaknya yang terjadi pada ayah Anda adalah pembentukan tophi.

Gout tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikontrol.

Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Namun karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan. Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1.000 mg purin per hari). Makan-makanan yang mengandung purin antara lain:

  • Jeroan (jantung, hati, lidah ginjal, usus)
  • Sarden
  • Kerang
  • Ikan herring
  • Kacang-kacangan
  • Bayam
  • Udang
  • Daun melinjo

Diet untuk penderita Asam Urat juga dapat dipermudah dengan melakukan kiat sederhana sebagai berikut :

  1. Mengonsumsi kalori, protein, mineral, dan vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh secukupnya.
  2. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dapat membantu pengeluaran asam urat melalui air seni. Diperlukan zat karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi lebih dari 100g/hari. Adapun zat karbohidrat kompleks didapat pada singkong, roti, dan ubi
  3. Melakukan diet rendah lemak, karena lemak cenderung menjadi penghambat pengeluaran asam urat.
  4. Disamping diet rendah lemak, diperlukan pula diet rendah protein, karena kandungan protein dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Anjuran asupan protein disarankan pada penderita maksimal di kisaran 50-70 g/hari
  5. Guna membantu pengeluaran kelebihan asam urat serta mencegah pengendapan asam urat pada ginjal cobalah untuk meminum sedikitnya 2 hingga 3 liter/hari.
  6. Hindari mengonsumsi alkohol karena kandungan alkohol dapat menjadi penghambat pengeluaran asam urat dari tubuh

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel yang berjudul: Arthritis Gout.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar