Sukses

Anak Sakit Maag?

18 Oct 2014, 21:53 WIB
Wanita, 34 tahun.
Dok, putra saya berumur 10 thn dan pernah didiagnosis salah satu dokter anak di kotaku kalau ia menderita maag tetapi dokter lain yan saya kunjungi mengatakan anak seumuran itu tidak bisa menderita maag ttp yg ada adalah keracunan makanan, mana yang benar? Anak saya sering bertahak seperti suara mengeluarkan angin, apa penyebabnya dok dan obat apa yang harus saya berikan? Terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com. 

Anak kecil dapat saja terkena sakit maag, meskipun memang orang dewasa yang lebih sering terkena. Keluhan sakit maag adalah sakit pada daerah ulu hati, mual-mual, kembung, dapat disertai dengan muntah. Faktor risiko dari sakit maag mencakup sering terlambat makan, sering makan makanan pedas dan asam, merokok, sering minum jamu-jamuan atau obat warung. 

Ada penyakit yang disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) di mana asam lambung naik ke arah kerongkongan dan menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut serta rasa panas di daerah dada. Ada juga sejenis penyakit yang disebut dengan LPR (Laringopharyngeal Reflux Disease), penyakit ini mirip dengan GERD, dan menimbulkan keluhan seperti suka bertahak, suara menjadi serak, berat badan sulit naik, dsb. Ada kemungkinan anak Anda mengalami sakit ini.

 

 

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan yang dialami, kami menyarankan agar anak Anda berobat ke dokter anak atau dokter THT, agar dapat diperiksa secara menyeluruh. Setelah diketahui diagnsosis, baru dapat diberikan pengobatan yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar