Sukses

Anak Menderita Diare?

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 1 tahun.
Dear Klik dokter, Anak saya perempuan umur 1y18d kemarin dalam sehari BAB +/- 10x dengan kondisi pup seperti biji cabe dan berlendir. Tekstur pup seperti saat ASIX dengan frekuensi yang sering. Kadang pup berwarna agak kehijauan. Apakah anak saya diare atau ada sesuatu yang terjadi dengan pencernaannya? Badan agak demam tetapi anak masih ceria. Tks Meilani
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

Definisi diare adalah frekuensi BAB > 3x sehari dengan konsistensi yang lebih cair atau lunak daripada biasanya. Namun hal ini seringkali tidak berlaku pada bayi yang masih mendapat ASI intensif. Apakah anak Anda masih banyak minum ASI saat ini? Sudah berapa lama keluhan ini berlangsung? Bagaimana frekuensi BAB dan konsistensinya sebelum ini? Apakah BAB disertai dengan darah?

Bila frekuensi dan konsistensinya belakangan ini berubah menjadi lebih sering dan lebih lembek, maka hal tersebut tidak wajar, apalagi terdapat keluhan sedikit demam pada Anak Anda. Kemungkinan ada infeksi pada saluran pencernaan (usus) atau diare. 

Yang perlu diperhatikan pada anak diare adalah memperhatikan agar jangan sampai anak kurang cairan. Penting untuk diberikan oralit setiap kali anak diare. Perlu juga tetap mengkonsumsi makanan sehari-hari dalam jumlah yang cukup. Anda dapat pula memberikan penurun panas seperti paracetamol. Bila keluhan tidak membaik dalam 2-3 hari, lebih baik Anda membawa Anak Anda ke dokter anak untuk diperiksa secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

 

 

Salam,                                       

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar