Sukses

Batuk Anak Hingga Muntah

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 33 tahun.
DOkter, anak saya perempuan umur 17 bulan, BB 10,3 kg kalau malam hari suka tiba2 batuk kering, dan baru berhenti jika muntah yang biasanya mengeluarkan lendir. Jika pagi/siang/sore hari sama sekali tidak batuk. Hal ini sudah berlangsungs elama 4 hari. Saya berikan muccopet drops sesuai dosisnya tapi sepertinya tidak berpengaruh. Mohon penjelasannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

 

Batuk yang terlalu sering memang dapat memicu terjadinya muntah pada anak. Dengan memberikan obat batuk yang tepat, maka batuk anak akan teratasi demikian pula dengan muntahnya. Namun, jika muntah yang dialami oleh anak Anda semakin memberat dan disertai dengan keluhan saluran cerna lainnya, kami sarankan agar anda melakukan pemeriksaan secara langsung kepada dokter anak, agar penyebab terjadinya muntah pada anak anda dapat diketahui dengan lebih pasti.


Kondisi batuk yang sudah mendapat pengobatan dan namun tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu dan kembali berulang disebut dengan batuk kronik berulang. Batuk kronik berulang dapat merupakan salah satu pertanda yang mengarah pada diagnosis asma. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya batuk kronik pada anak, antara lain infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri, asma, tuberkulosis, dll. Apakah anak Anda sering batuk pada malam atau dini hari? Anak yang batuk terus menerus, terutama pada malam hari dan dini hari, harus dicurigai sebagai gejala awal dari asma.

Asma pada anak memang tidak dapat sembarangan didiagnosa. Kecurigaan asma pada anak dapat terjadi bila anak menunjukkan gejala batuk dan/atau mengi yang timbul secara episodik, cenderung pada malam hari/dini hari, musiman, setelah aktivitas fisik, serta adanya riwayat asma dan atopi (alergi)  pada penderita atau keluarganya. Namun, untuk sampai pada diagnosis asma perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti uji fungsi paru atau pemberian obat bronkodilator yang digunakan sebagai indikator untuk melihat respons pengobatan. Obat-obatan baru dapat diberikan setelah diagnosis ditegakkan dan dalam pengawasan dokter.

Adakah riwayat alergi pada keluarga Anda?

Jika batuk anak Anda tidak kunjung sembuh, kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk memperoleh pemeriksaan penunjang yang tepat untuk mengetahui diagnosis pasti anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar