Sukses

Diet yang Tepat pada Hipotensi

19 Nov 2014, 02:00 WIB
Wanita, 34 tahun.

Hi.dok...mau nanya nih dengan tinggi 162 dan berat 62 sebenarnya BMI saya gimana...dan diet apa yg tepat klo saya ingin mengurangi bb saya dan berapa bb yg harus saya kurangi mengingat usia saya sudah 34 thn dan setiap hari saya mengurus anak dan rt dr pagi sampai malam dan mempunyai tekanan darah saya termasuk rendah berkisar 90/70?

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), sebenarnya Anda masih termasuk dalam kategori overweight, dimana IMT 23,62 (IMT normal 18,5-22,9), dimana berat badan ideal Anda adalah (50.22kg - 61.38kg). Anda juga dapat melakukan perhitungan sendiri melalui fitur Perhitungan Indeks Massa Tubuh yang terdapat di halaman depan website kami. 

Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. Kombinasi dari mengatur asupan makanan dan berolahraga tidak hanya akan membuat Anda tampak lebih kurus karena kadar lemak yang berkurang, namun tubuh terlihat lebih kencang karena massa otot yang menggantikan lemak. Olahraga juga dapat membantu menstabilkan tensi darah Anda. Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain renang, lari, bersepeda dan aerobik, jenis olah raga ini berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Mengingat Anda memiliki riwayat tekanan darah rendah(hipotensi), berikut merupakan beberapa hal penunjang diet yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

1. Istirahat yang cukup dan teratur, 6-8 jam perhari

2. Banyak minum air, hindari alkohol

3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering), namun jangan lupa untuk tetap memperhungkan jumlah kalori yang Anda konsumsi

4. Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.

5. Untuk penderita hipotensi ortostatik (gejala: pusing dan gelap mendadak saat merubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri): bangun secara perlahan dari tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan. Apabila susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

Berikut judul-judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki serta menggunakan Health Tools:Kalkulator Kalori untuk menghitung kebutuhan kalori Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat dan usaha Anda untuk menurunkan berat badan berhasil

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar