Sukses

Posisi Janin Sungsang

19 Oct 2014, 04:24 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dr. saya hamil 36mgg kmrin sy usg ke dr posisi bayi sy sungsang pada hal dr mgg ke 30-34 posisinya sdh bagus tp kok mgg ke 36 bs sungsang pada hal saya tidak byk beraktifitas/ melakukan gerakan yg aneh2 saya jd bingung. apa yg menyebabkan bayi saya sungsang ya dok? n bagaimana cara agar posisinya kembali (kepala di bawah). trims dok sblmnya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Pada kehamilan 32 minggu posisi janin masih bisa berubah-ubah. Janin letak sungsang pada usia hamil 32 minggu masih normal. Sebaiknya tinggi sampai kehamilan 36 minggu, seharusnya bayi sudah dalam letak yang stabil (normalnya kepala berada di bawah).

Mengenai posisi yang bisa dilakukan untuk mencoba mengubah letak janin (misalnya "menungging") sebenarnya tidak ada cara atau prosedur yang baku.

Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas. Kehamilan sungsang didiagnosis melalui bantuan ultrasonografi. Kehamilan sungsang dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain:
  • kelahiran kembar
  • multiparitas (persalinan > 3x)
  • plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir)
  • cairan amniotik (ketuban) yang berlebihan
  • hidrosefalus (kepala janin berisikan cairan berlebih)
  • anensefali (janin tidak memiliki tengkorak kepala)
  • ari-ari yang pendek
  • kelainan rahim
Sekitar 3-4% bayi berada dalam posisi ini ketika lahir. Dalam persalinan prematur, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang lebih tinggi. Pada umur kehamilan 28 minggu, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang adalah 25%. Angka tersebut akan turun seiring dengan umur kehamilan mendekati 40 minggu. Pada usia 30 minggu, bila janin Anda termasuk aktif maka terdapat kemungkinan untuk posisinya berubah dari posisi kepala di bawah menjadi sungsang. Dan masih terdapat kemungkinan untuk kembali lagi ke posisi kepala di bawah. Namun semakin besar janin maka akan semakin sulit baginya untuk merubah posisi tubuh karena ruang gerak yang sudah semakin sempit.

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim.

Pada saat kontrol kandungan, mintalah dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35 - 36 minggu.

 

Posisi sungsang dapat diubah dengan cara manual dari luar perut apabila kehamilan sudah memasuki minggu ke-35. Cara ini (versi luar) dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan yang sudah berpengalaman. Hal ini dikarenakan memutar posisi janin dari luar dapat membahayakan nyawa janin. Tetapi prosedur ini sudah jarang dilakukan saat ini karena resikonya yang cukup tinggi dan kemajuan teknik operasi seksio sesar dan obat-obat antibiotik, sehingga operasi lebih menjadi pilihan. Apabila sampai usia 40 minggu dan janin masih berada di posisi sungsang, perkiraan cara kelahiran yang dianjurkan adalah operasi sesar. Melahirkan pervaginam atau normal dengan posisi bayi sungsang memiliki risiko yang lebih besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar