Sukses

Bintik Sekitar Jari

18 Oct 2014, 16:37 WIB
Wanita, 19 tahun.
siang dok... saya dewi, saya mempunyai keluhan gatal-gatal pada sekitar jari2 saya, berupa bintik2 namun tidak mengeluarkan cairan.. sebulan lalu saya sempat berobat di dokter umum.. dari dokter menjelaskan bahwa saya terkena dermatitis... dan seminggu yang lalu saya sudah sembuh.... namun hari ini saya mengalami gatal2 yg sama... yang saya pertanyakan apa benar saya terkena dermatitis? karena dalam riwayat keluarga saya tidak ada yg pernah terkena penyakit dermatitis... terima kasih...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai kondisi kulit Anda saat ini.

Idealnya memang perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui gambaran lengkap dari bekas luka Anda, karena diagnosis penyakit kulit akan lebih mudah ditegakkan bila dilihat secara langsung. Kami tidak dapat memastikan apakah keluhan Anda memang dermatitis atau bukan, karena diperlukan pemeriksaan langsung dan detil informasi yang lengkap dan jelas. Berdasarkan diagnosis dokter Anda, kemungkinan yang terjadi pada kulit Anda adalah peradangan kulit yang disebut Dermatitis. Diperlukan wawancara medis lebih detil untuk mengetahui penyebab dan menegakkan jenis diagnosis (apakah dermatitis disebabkan karena alergi atau karena iritasi). 

Jadi saat ini yang perlu Anda perhatikan adalah, hal apa saja yang membuat keluhan Anda muncul, apakah bahan-bahan kimia tertentu (sabun, pupuk, cairan tertentu) atau bahan-bahan lainnya seperti sarung tangan, cincin, dll.

Penanganan dermatitis perlu disertai dengan pemahaman akan bahan yang menyebabkannya sehingga mendukung pengobatan dan meningkatkan kewaspadaan untuk penghindaran material tersebut untuk mencegah kekambuhan.

Diskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai keluhan Anda yang timbul kembali agar dokter Anda dapat memahami dengan lengkap keluhan yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar