Sukses

Vaksin IPD 2, Flek Paru Anak

19 Oct 2014, 16:18 WIB
Wanita, 31 tahun.
dok saya yang tanya vaksin IPD....kok vaksin Prevenar dapat mencegah 7 subtipe kuman Pneumococcus yang sering menyebabkan radang paru (pneumonia) sedangkan Synflorix dapat mencegah 10 subtipe kuman Pneumococcus, padahal prevenar lebih mahal.....kebalik apa emang beul begitu dok....oh ya anak pertamaku sekarang 5 tahun...dulu dia tak vaksin IPD 2x....yang prevenar....bukankah itu untuk radang paru....tapi kok anakku sekarang kena flek paru paru ya....ini pengobatan dah ke 4 bulan....saya jadi bingung dok.....tolong diperjelas dong.....
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ya, betul seperti itu.

Radang paru dalam dunia medis disebut dengan pneumonia.

Untuk informasi lengkap mengenai pneumonia pada anak, kami sertakan artikel yang memuat dan menjelaskan mengenai Pneumonia Pada Anak.

Sedangkan flek paru dalam dunia medis merupakan TBC (tuberkulosis) paru.

Kedua penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang berbeda. Pneumonia disebabkan oleh bakteri streptokokus sedangkan TBC disebabkan oleh bakteri mikobakterium. Perlindungan yang diberikan oleh vaksin IPD memang diberikan untuk melindungi dari penyakit radang paru yang disebabkan oleh bakteri streptokokus.

Flek paru yang sering diucapkan awam dan digunakan oleh para petugas kesehatan memiliki pengertian penyakit pada paru yang disebabkan oleh infeksi kuman tuberkulosis (TBC paru).  Jangan khawatir, penyakit ini dapat disembuhkan asalkan menjalani pengobatan secara teratur. Pengobatan harus sampai dinyatakan selesai oleh dokter, jangan sampai putus di tengah jalan karena dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius pada organ tubuh lainnya, bahkan hingga kematian.

Infeksi TBC Paru pada anak seringkali diakibatkan karena adanya kontak dengan penderita TBC paru yang berada di sekitar anak Anda. Adakah orang-orang di sekitar anak Anda yang mengalami sakit tersebut atau batuk-batuk lama yang tak kunjung sembuh? Tentunya, selain menjalani pengobatan anak Anda harus dijauhkan dari orang-orang dewasa di sekitarnya yang dicurigai mengalami penyakit TBC paru (tentunya menyarankan juga kepada orang yang dicurigai tersebut untuk berobat) karena jika tidak diobati maka mereka akan menular dan seterusnya berulang. Lalu tak lupa menjaga nutrisi makanan sehari-hari. Jika pada dewasa kecurigaan infeksi TBC terjadi jika terdapat batuk-batuk lama >2 minggu yang tak kunjung sembuh dengan pengobatan antibiotik. Maka pada anak, gejala umumnya tidak jelas.

Beberapa gejala TBC yang terdapat pada anak:

-Demam lama (> 2 minggu) tanpa sebab jelas dan demam tidak terlalu tinggi
-Dapat disertai keringat malam
-Batuk lama > 3 minggu
-BB turun atau tidak naik dalam 1 bulan
-Nafsu makan (-)
-Diare persisten yang tidak sembuh

Pengobatan TBC perlu dilakukan dalam jangka waktu 6-9 bulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar