Sukses

Batuk Tak Kunjung Sembuh

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 25 tahun.
Salam sehat, Saya ingin bertanya tentang penyakit yang diderita ibu saya. Ibu saya berusia 46 tahun. Dia menderita batuk sudah hampir sebulan dan sudah berobat ke berbagai dokter. Dokter pertama menyarankan ibu saya untuk ke rumah sakit untuk di uap. Namun ibu saya tidak mau. Setalah obatnya habis, batuknya belum sembuh juga. Lalu dia berobat ke lain dokter, dan disuruh menghabiskan obatnya. Namun sampai obat sudah habis pun sakitnya belum sembuh juga. Minum obat tradisional pun sudah. Malah sudah 4 hari setiap pagi dahak pertama setelah bangun tidur berwarna pink. Suaranya pun serak. Saya ingin bertanya, kira-kira diagnosa untuk penyakit ibu saya itu apa? Saya sudah sering kali mengajaknya berobat & ke rumah sakit untuk pemeriksaan intensif, namun ibu saya tetap tidak mau. Saya ingin tau ibu saya sakit apa? Terima kasih atas jawabannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai batuk yang tidak kunjung sembuh. Semua batuk berdahak yang tidak sembuh sembuh selama lebih dari 3 minggu harus dicurigai sebagai penyakit TB (tuberkulosis) paru. Selain mengeluh batuk berdahak yang tidak sembuh sembuh, penderita TB biasanya juga memiliki gejala-gejala penyerta lainnya, seperti :

  • Demam yang tidak terlalu tinggi, terutama di malam hari. Demam ini dapat berlangsung terus menerus, dapat juga hilang timbul
  • Terdapat keringat malam
  • Penurunan berat bada
  • Badan terasa lelah dan lemas
  •  

  • Batuk berdahak kadang disertai dengan darah.

Jika Ibu Anda juga memiliki gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis paru atau spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan dahak 3x dan pemeriksaan foto rontgen dada. Penyakit TB harus segera ditatalaksana dengan tepat dan menyeluruh. TB yang tidak diobati atau diterapi dengan tepat akan menimbulkan berbagai komplikasi seperti batuk berdarah, penyebaran infeksi TB ke organ di luar paru, dan bahkan dapat menimbulkan kematian.

Penularan penyakit ini terjadi melalui udara yang tercemar oleh bakteri M.Tuberkulosa yang dikeluarkan oleh penderita TB lain yang sedang batuk, berbicara atau bernyanyi. Mungkin disekitar Anda terdapat orang lain yang juga menderita TB dan menularkan penyakitnya kepada Ibu Anda. Untuk penanganan yang menyeluruh, sebaiknya Anda juga turut membawa orang disekitar Ibu Anda yang memiliki gejala batuk-batuk lebih dari 3 minggu yang tidak sembuh-sembuh untuk di periksa bersama. Dengan demikian, penyebaran penyakit TB di sekitar Anda dapat dihilangkan.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar