Sukses

Apakah Saya Hamil?

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat malam Dok, Dok saya sudah menikah 1 tahun lebih, tapi siklus haid saya tidak lancar.siklus haid dari sejak menikah sebagai berikut:12 maret 10, 13 april 10, 15 may 10, 17 juni 10, 26 jul 10, 29 agustus 10, 15 oktober 10, 24 nopember 10, 27 desember 10, 3 februari11, 10 maret 11. sedangkan sep 10, jan 11, dan april 11 sampai sekarang belum haid . dan kemaren saya pergi ke bidan saya tes kemamilan masih negatif, sedang saya sampai skarng payudara membesar dan sakit, punggung dan pinggang saya pegal, mual, dan mudah skali lelah. setelah diperiksa tensi saya 90/60 dan kata kemudian saya ada magh, bidan saya dikasih vitamin dan obat mual. yang saya tanyakan apa 1.kemungkinan saya hamil? 2.terus apa yang harus saya lakukan dok? terimakasih Dok, atas jawaban nya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kegelisahan Anda. Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

 

  • sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  • perasaan lelah

  • daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •   dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

 

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Usia kehamilan dapat diketahui jika diketahui HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dan dapat lebih akurat  melalui pemeriksaan USG. Apalagi, memang siklus menstruasi Anda termasuk yang tidak teratur sehingga tidak dapat diketahui hanya berdasarkan siklus menstruasi.

Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan untuk menyambut kehamilan. Untuk itu, sebagai informasi lengkap mengenai persiapan kehamilan dan perkembangannya serta bagaimana menjaga kandungan agar tetap sehat dan terhindar dari keguguran, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar