Sukses

Kepala Peyang dan Biang Keringat

19 Oct 2014, 01:37 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dear Klik Dokter, Anak saya usia saat ini 4,5 bulan, kepalanya agak peyang (rata) bagian belakang kira2 masih ada upaya yg bisa saya lakukan untuk memperbaiki bentuk kepala bagian belakangnya tersebut? Satu pertanyaan lagi, amankah penggunaan bedak antiseptik dewasa kepada bayi seperti yang beredar di pasaran saat ini, anak saya menderita biang keringat dan menggunakan bedak antiseptik biang keringatnya mengering, tapi saya takut ada efek sampingnya kah kedepan? mohon pencerahannya Terima kasih sebelumnya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kepala bayi mulai menetapkan bentuknya pada usia 6-20 bulan, sehingga, masih ada kesempatan untuk melakukan koreksi terhadap bentuk kepala bayi Ibu yang tampak pipih ke samping (peyang). Untuk mengusahakan koreksi pada bentuk kepala bayi, Ibu dapat membantu anak agar tidak terlalu sering tidur dengan posisi terlentang, sediakan waktu agar bayi tidur tengkurap namun pastikan dengan pengawasan Ibu, usahakan agar bayi tidak selalu berada dalam posisi terlentang misal: dengan digendong, melihat-lihat ke arah yang berbeda-beda saat berbaring (dapat dirangsang dengan mainan-mainan atau posisi tempat tidur yang diubah-ubah), sediakan waktu untuk tengkurap saat bermain.

Penggunaan bedak antiseptik yang dijual bebas di pasaran tidak memberikan dampak buruk pada bayi Anda namun kulit bayi terkadang masih cukup sensitif untuk itu sebaiknya menggunakan bedak bayi. Untuk mengatasi biang keringat, Anda dapat memandikan bayi teratur 2 kali sehari dengan mengosok seluruh tubuhnya terutama di daerah lipatan. Apabila bayi Anda berkeringat, segeralah lap dan gantilah bajunya. Kemudian Anda dapat memberikan bedak bayi agar kulitnya tetap kering. Biang keringat ini akan menghilang dengan sendirinya apabila bayi selalu bersih dan suhu atau ventilasi udara di dalam kamar terjaga dengan baik (sejuk).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar