Sukses

Napas Berbunyi Saat Tidur

19 Oct 2014, 01:44 WIB
Wanita, 28 tahun.
dear dokter, dok, saya mao tanya kenapa anak saya kalo habis bermain, ataupun sedang tidur tiba-tiba suka berbunyi tapi beda dengan bunyi asma (karna saya asma).dia lebih berat grok..grok.tapi bukan mendekur.saya sudah bertanya kepada beberapa dokter, tapi jawaban nya hanya "oh tidak apa-apa".. dan mereka tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut..sekarang anak saya berumur 3 tahun 7 bulan.. berat bandan 20kg.. terima kasih sebelum dan sesudah nya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah  menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebenarnya sulit bagi kami untuk mengidentifikasi bunyi seperti apa yang Anda maksudkan. Napas berbunyi biasanya disebabkan oleh sumbatan jalan napas. Sumbatan jalan napas bisa karena asma, saluran napas tertutup oleh lidah karena lidah jatuh ke belakang (biasa terjadi saat tidur), pembesaran amandel yang bermakna, sumbatan hidung, atau bisa pula karena ada dahak pada saluran napas. Apakah anak Anda batuk berdahak?

Ada pula kondisi yang disebut obstructive sleep apnea (OSA), di mana ada periode henti napas sebentar saat tidur. Kondisi ini dapat disertai dengan napas mendengkur. Berikut ini faktor risiko terjadinya OSA:

  • bentuk tertentu dari langit-langit mulut atau saluran napas yang menyebabkan saluran napas lebih sempit
  • amandel atau kelenjar adenoid yang membesar
  • leher yang besar
  • lidah yang besar

Apakah anak Anda memiliki ukuran leher yang besar? Dilihat dari berat badannya, memang berat badan anak Anda berlebih. Seharusnya untuk usianya, berat badan idealnya adalah 15 kg.

Ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau dokter spesialis THT untuk mencari penyebab dari bunyi suara napasnya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar