Sukses

Bersenggama Saat Menstruasi

19 Oct 2014, 23:36 WIB
Wanita, 22 tahun.
dokter saya mau tanya jika saya bersenggama dengan suami saya di waktu saya menstruasi apakah bisa menyebabkan hamil jika sperma tetap dimasukan dan apakah itu berbahaya? sebelum dan sesudahnya trimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah bersenggama di saat menstruasi dapat menyebabkan hamil? Saat menstruasi merupakan saat di mana kondisi wanita tidak subur, jadi kemungkinan besar tidak menyebabkan kehamilan. Namun tetap ada kemungkinan Anda dapat hamil. Masa subur akan tergantung dari siklus menstruasi bulanan. Siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Masa subur berada pada 14 + 1 hari sebelum hari pertama haid sebelumnya.

Apakah berbahaya? Melakukan hubungan suami istri saat menstruasi tidak akan berdampak buruk pada Anda maupun pasangan. Akan tetapi Anda harus memastikan sebelumnya bahwa Anda dan suami terjamin bebas dari infeksi kemaluan. Apabila Anda atau suami ada yang memiliki infeksi pada kemaluannya maka dengan melakukan hubungan seksual saat menstruasi akan memudahkan kuman untuk masuk ke dalam rahim, karena saat menstruasi leher rahim sedang dalam kondisi terbuka sehingga memudahkan untuk terjadinya infeksi saluran reproduksi. Disamping itu, melakukan hubungan seksual saat menstruasi juga akan meningkatkan risiko bagi suami untuk tertular beberapa penyakit tertentu melalui darah Anda, karena darah merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya kuman penyakit. Karena itu, disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual saat menstruasi atau gunakanlah kondom jika Anda ingin melakukan hubungan seksual saat menstruasi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar