Sukses

Penyebab Gizi Kurang

20 Oct 2014, 06:23 WIB
Wanita, 22 tahun.
Saya pernah cek ke dokter umum. menurut dokter tsb gizi saya di bawah standard (usia 22, berat badan 30 kgs) dan saya sebaiknya belum boleh hamil dalam waktu dekat untuk menghidari bayi kurang gizi. Saya cepat merasa kenyang saat makan, dan sulit merasa haus saat lelah, saya suka tidur untuk mengembalikan stamina, olah raga kurang, dan BAB tidak normal, kadang bisa 4hari sekali. saya cenderung terlihat mungil (kurus & kecil). sementara kondisinya saya sudah menikah saat ini. kira2 gimana ya biar saya dapat mencapai gizi normal...?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dilihat dari berat badan dan tinggi badan Anda, IMT (Indeks Massa Tubuh) Anda  termasuk ke dalam kategori underweight (berat badan kurang). Berdasarkan tinggi badan Anda, maka berat badan ideal yang harus Anda capai adalah 45 kg dengan range yang masih normal 40,5 - 49,5 kg.

Memang benar bahwa dalam kondisi gizi yang kurang, tidak baik untuk hamil karena dapat menyebabkan anemia (kurang sel darah merah) bagi ibu dan akibatnya gizi janin pun akan kurang. Yang dikhawatirkan adalah bayi dapat lahir dengan berat badan yang rendah (BBLR).

Sebelum mencari solusi untuk menaikkan berat badan Anda, perlu dulu dicari tahu penyebab underweight yang Anda alami. Kondisi underweight ataupun gizi kurang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti kurangnya asupan makanan, tuberkulosis, keganasan, kecacingan, gangguan hormon, ataupun penyakit-penyakit lainnya. Apakah Anda memiliki keluhan-keluhan lain seperti batuk-batuk lama? Apakah buang air besarnya kecil-kecil seperti kotoran kambing? Buang air besar bercampur darah? Berapa berat badan Anda dahulu? atau Pernahkan Anda mencapai berat badan normal sebelum ini? Kapan?

Untuk mengetahui penyebab pasti dari masalahnya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa fisik, mungkin Anda juga perlu melakukan pemeriksaan rontgen dada dan pemeriksaan feces/tahi/kotoran. Saran kami adalah Anda dapat pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau ke ahli gizi.

Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menambah porsi makan, makan makanan yang seimbang terdiri dari karbohidrat (nasi, roti), protein (ikan, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan), lemak (daging, santan) ditambah dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Anda juga dapat memakan multivitamin untuk menambah nafsu makan.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar