Sukses

Alergi Kaligata Anak

18 Oct 2014, 15:18 WIB
Wanita, 31 tahun.
dok,mau nanya..obat untuk menghilangakan alergi biduran(bhs jawa) atau kaligata (bahasa sunda) untuk anak umur 2 tahun apa ya?soalnya anak saya baik saat udara panas atau dingin,suka keluar bentol2 merah yang nantinya menyebar,trmkh
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kaligata atau biduran disebut urtikaria dalam medis adalah penyakit kulit yang terjadi akibat reaksi terhadap berbagai macam penyebab; semisalkan seperti makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stress emosional. Biasanya ditandai dengan edema (bengkak) setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucat dan kemerahan, meninggi di permukaan kulit serta disertai keluhan gatal, rasa tersengat atau tertusuk.

 

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari penyebab yang diketahui. Jika memang anak Anda selalu mengalami urtikaria hanya ketika berada di udara dingin, sebaiknya anak Anda dihindari dari situasi tersebut atau paling tidak membuat badan menjadi lebih hangat dengan memakai baju lebih tebal. Jika disebabkan karena udara panas maka sebaiknya menghindari cuaca yang terlalu panas dan memakai pakaian yang tidak menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat.

Mengatasi alergi dapat dengan mengonsumsi antihistamin untuk mencegah reaksi yang timbul berlebihan pada saat-saat pemicu alergi tidak dapat dihindari. Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Dengan mengonsumsi antihistamin maka dapat mengurangi gegala alergi yang timbul.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sub bagian alergi-imunologi atau dokter spesialis kulit dan kelamin bagian alergi untuk penanganan yang optimal dan dapat diresepkan dosis yang sesuai.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar