Sukses

Tidak Ada Lubang Vagina

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Pria, 28 tahun.
Saya mempunyai putri berumur 2 tahun, bru dua minggu lalu didapati jka putri sya belum memiliki lubang vagina, pdahal slama ini kencing dan BAB nya lancar sja, yg ingin sya tanyakan, apakah memang lubang vaginanya belum waktunya terbuka ?apakah putri sya hrus dioperasi, pda umur berapa sebaiknya diopeerasi? Apakah pernah ada kejadian yg serupa dgn putri sya? Terimakasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Bapak/Saudara Yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Lubang vagina yang tak terbentuk disebut juga agenesis vagina. Kelainan ini terjadi sejak masa embrio akibat tak terbentuknya saluran kelamin bagian bawah secara sempurna. Salah satu penyebabnya, pemakaian obat dietilstilbestrol, tapi secara umum sebab pastinya sulit diketahui. Apabila memang anak Anda mengalami agenesis vagina maka berkonsultasilah segera dengan dokter spesialis anak.

Namun terkadang didapatkan juga lubang vagina yang menutup karena alat kelamin anak tidak dibersihkan dengan baik. Kotoran yang menumpuk menyebabkan perlengketan dan akibatnya menutup lubang. Apabila memang ini yang terjadi maka penanganannya hanya diperlukan sedikit insisi (dibuka sedikit dengan cotton bud atau alat lain) untuk membuka lubang vagina dan membersihkan kotoran. Pada kasus ini, lubang vagina memang sudah ada namun tertutup karena kotoran. Hal ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis anak untuk memastikan kondisi anak Anda terlebih dahulu untuk kemudian mendiskusikan pilihan-pilihan penangangan yang terbaik untuk putri Anda.

Agenesis vagina jarang ditemukan dan perlu penanganan yang baik oleh dokter subspesialis uroginekologi (ahli bedah rekonstruksi alat kandungan). Dokter terlebih dahulu akan memeriksa apakah memang betul kelainannya hanya di vagina atau ada kelainan lain yang menyertainya. Bila ditemukan kelainan yang memerlukan tindakan operasi, umumnya akan dilakukan setelah putri Bapak cukup besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar