Sukses

Gumoh dan Menyusui

18 Oct 2014, 19:21 WIB
Wanita, 37 tahun.
Dok, saya ingin tanya anak saya cowok sering gumoh, kagetan dan sering bunyi ehem2 (spt org dewasa). Kadang sehari gumoh sampai 3-6 kali, kdg tdk sama sekali. Kalo dia bangun setiap 30menit-1jam nangis minta susu(saya beri ASI plus S26 Gold 60ml, mengingat ASI saya tdk mencukupi kebthannya). Setiap ada org bicara/suara selalu kaget. Usia 8minggu, berat bdn/tinggi wkt lahir 3,3 kg/53cm dan skrg 5,5kg. Lain-lain normal, gemuk, jarang nangis, aktif, doyan tidur. Yg ingin saya tanyakan: 1. Apa anak saya alergi susu sapi? Sebaiknya diganti susu apa? 2.Gimana spy ASI keluar byk pdhl saya sdh mkn daun katuk, sayur2an hijau, minum susu ibu menyusui, pil LANCAR ASI, hERBALAC & LACTOFIT (kalo gak salah)? Setiap hendak menyusui, payudara saya pijat dgn lactation oil dan dibilas dgn air hangat. 3. Selain itu bayi saya sering menggigit dan menarik2 puting saya pd saat menyusui, gimana cara mengatasinya? Atas perhatiannya, saya ucapkan byk terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gumoh adalah hal yang biasa terjadi pada bayi. Hal ini tidak perlu dicemaskan jika bayi tetap tampak sehat. Pada gumoh, biasanya bayi hanya mengeluarkan / memuntahkan kembali sedikit susu yang dikonsumsinya. Untuk itu Ibu perlu membantu bayi untuk bisa bersendawa dengan benar untuk mengurangi gumoh.

Cara Menyendawakan Bayi

  1. Bayi digendong, menghadap ke belakang dengan dada bayi diletakkan pada bahu Ibu.
  2. Kepala bayi disangga/ditopang dengan tangan Ibu.
  3. Usap punggung bayi perlahan-lahan sampai bayi sendawa.

 

Sebenarnya, jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Maka jika pada awal-awal masa menyusui, ASI Ibu tidak lancar maka tidak perlu khawatir karena dengan semakin sering mneyusui maka produksi ASI dapat semakin bertambah.

 

Untuk informasi lengkap mengenai Masa Menyusui, kami sertakan artikel;

Masa Menyusui

Manfaat ASI bagi Bayi

Cara Menyusui Bayi yang Benar

Cara Menyusui Bayi yang Benar II

Alergi susu sapi memang dapat menyebabkan beberapa gejala dari yang paling ringan hingga paling berat, namun perlu dilakukan pemantauan yang baik. Berikut kami sertakan artikel-artikel:

Gejala Klinis Alergi Susu Sapi

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi

Soya Bukan Solusi Mengatasi Alergi Susu Sapi

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar