Sukses

Limfoma

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 31 tahun.
Pagi Dok, Dok saya mo tny, slh satu tmn saya ada yg kena penyakit Lymphoma. Tlng jelaskan apa itu & bgaimana cara penyembuhannya, apakah bs disembuhkan. Terima kasih sblumnya Dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Limfoma Malignum adalah kanker kelenjar getah bening yang merupakan bentuk keganasan dari sistem limfatik yaitu sel-sel limforetikular (sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh) seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma malignum terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan pemeriksaan patologi anatomi yaitu pada pemeriksaan untuk PH ditemukan sel Reed Sternberg. Sifat LNH jauh lebih agresif dan lebih banyak terjadi jika dibandingkan dengan PH.  Setelah diagnosis ditentukan dengan pemeriksaan patologi anatomi, kemudian harus ditentukan stadium dari penyakit karena akan mempengaruhi penatalaksanaan.

Penanganan LNH dan PH, seperti pada kanker jenis lainnya, bergantung pada stadium penyakit. Terapi yang dianjurkan adalah penanganan dengan kemoterapi yang dikombinasi dengan radiasi dengan penyesuaian untuk setiap stadium. Menyangkut Limfoma Malignum dan keganasan lainnya, maka istilah yang digunakan untuk kesembuhan adalah remisi yang menandakan bahwa penyakit tidak berkembang, terkontrol dan tidak menimbulkan gejala-gejala terkait. Tingkat remisi pada LNH bergantung dari stadiumnya. Pada LNH stadium I-II, remisi dapat mencapai 90%, sedangkan pada stadium III-IV dapat mencapai 70-80%. Pada PH, tingkat remisi dapat mencapai 60-80%. Pada penyakit ini pula setelah remisi, masih terdapat kemungkinan untuk terjadi kekambuhan.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar