Sukses

Jerawat di Punggung

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok, saya punya masalah dengan jerawat di punggung dan ini sudah dialami dari wkt SMP sampai kuliah skr ini.. padahal saya selalu menjaga kebersihan badan,jerawat saya ini seperti bintik-bintik (besar+kecil)dan terkadang mengeluarkan nanah dan memang saya punya kebiasaan suka memencet jerawat dengan tangan sampai akhirnya berdarah dan lukanya terus membesar dan bernanah, trus terasa perih dan berasa nyut-nyutan didaerah jerawat, sampai lama-lama menimbulkan bekas noda hitam, dan sulit untuk dihilangkan. saya sudah beberapa kali konsultasi dengan dokter yang berbeda-beda tapi tidak sembuh-sembuh.mulai dari sabun mandi dan obat olesnya pun tidak mempan. kira-kira obat yang cocok apa yah dok ? apa penggunaan betadine dan sabun sulfur diperbolehkan ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat memahami rasa frustasi Anda. Hal ini memang sering terjadi pada mereka yang memiliki kondisi kulit berminyak, memiliki keturunan kulit berjerawat dan kondisi jerawat pada kulit yang cukup berat. Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran.

Kondisi kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.Pengaruh hormonal juga menjadi tantangan tersendiri. Jerawat di punggung paling sering juga disebabkan karena kondisi kulit yang berkeringat.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kami memahami rasa frustasi Anda. Hal ini memang sering sekali terjadi, dan sangat bisa dipahami, Anda perlu bersabar dan memperhatikan pemicu-pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat agar dapat menghindarinya.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak memencet jerawat Anda karena dapat menyebabkan bekas kehitaman atau parut pada kulit yang sulit untuk diatasi. Selain itu juga dapat menyebabkan infeksi pada daerah jerawat Anda. Nampaknya, berdasarkan informasi yang Anda berikan, jerawat Anda juga mengalami infeksi karena lukanya terus membesar dan bernanah.

Kami sertakan artikel yang berjudul Jerawat dan Lupakan Obat Luar untuk Basmi Jerawat. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah dan daerah berminyak lainnya. Untuk daerah punggun Anda juga bisa mencoba untuk melakukan perawatan lulur secara rutin 2 kali seminggu. Betadine dapat digunakan untuk menangani luka infeksi pada jerawat Anda yang lukanya terus membesar dan bernanah. Sabun sulfur sebaiknya digunakan setelah luka-luka infeksi telah ditangani.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter ahli estetika yang dapat membantu Anda dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 



    0 Komentar

    Belum ada komentar