Sukses

Pembersih Vagina & Keputihan

19 Oct 2014, 22:50 WIB
Wanita, 25 tahun.
sore dok, saya mau tanya lagi nih, kalo gatal2 di daerah vagina karena keputihan dan karena lembab itu wajar atau tidak, kadang saya suka memperhatikan saya sering keputihan kadang2 gatal kadang2 tidak, gatalnya ketika pertama kali keluar keputihannya karena, kayaknya ms v saya agak sensitif terhadap basah atau daerah lembab, itu wajar atau tidak, dan saya sering menggunakan produk lactacid, itu bagus atau tidak digunakan setiap hari, selain itu di dubur saya seperti ada jerawat, bagaimana caranya untuk membersihkan daerah dubur supaya mulus, terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, keputihan normal dan abnormal dapat dibedakan berdasarkan warna, konsistensi dan keluhan yang menyertai.

Jika keputihan Anda termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu. Jika keputihan yang Anda alami adalah keputihan yang normal, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan daerah vagina, yaitu:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab. Hal ini dapat menyebabkan keluhan gatal dan rasa tidak nyaman serta menjadi salah satu faktor untuk suburnya pertumbuhan bakteri atau jamur.
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat.
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam.
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu.
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Sebaiknya, jika Anda tidak mengalami keluhan pada daerah vagina, tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu sering karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada daerah vagina. Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel: Membersihkan 'Miss V' dengan Douching, Boleh Tidak?

Kesehatan dubur dapat dijaga dengan menjaga kebersihannya dan memperhatikan agar selalu kering dan tidak lembab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar