Sukses

Efek KB Suntik Terhadap Berat Badan

19 Nov 2014, 17:29 WIB
Wanita, 31 tahun.

dok,apa ada hubungannya ya stlh ikut KB suntik 3 bln,berat badan nambah?trmksh

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Berdasarkan berat badan dan tinggi badan anda, Indeks Massa Tubuh (IMT) yang Anda miliki mencapai angka 23,43 yang berarti Anda memasuki kategori kelebihan berat badan atau overweight (Nilai normal IMT 18,5 - 22,9). Sebetulnya berat badan Anda tidak jauh dari berat badan ideal berdasarkan tinggi badan, yaitu antara 48.6kg - 59.4kg.

Penurunan berat badan yang baik adalah menyeimbangkan antara asupan masuk dan keluar. Artinya, untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan anda harus lebih sedikit dari pengeluaran anda. Hal ini sangat efektif bila dilakukan dengan cara berdiet (mengurangi makan) dan berolahraga. Olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme.

Penurunan berat badan yang baik tidak boleh drastis dan harus dilakukan secara bertahap. Dalam 1 minggu anda dapat menurunkan berat badan antara 1-2 kg, paling banyak 3 kg. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Makan malam Anda sebaiknya dibatasi sampai jam 7 malam, apabila lebih dari jam tersebut, anda dapat mengonsumsi buah atau sayur. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari). Dan saran yang terakhir adalah berolahragalah secara teratur (3x/minggu) apabila ingin mendapatkan hasil optimal.

Memang benar salah satu efek dari penggunaan metode KB suntik 3 bulan dapat menaikan berat badan. Akan tetapi hal tersebut bersifat sangat individual,tidak semua orang yang menggunakan metode tersebut pasti akan mengalami efek tersebut.Selain itu ada beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat memperjelas jawaban kami:

Kontrasepsi Suntik dan Berat Badan

Kontrasepsi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar