Sukses

Terlambat Haid dan Keputihan

18 Nov 2014, 01:31 WIB
Wanita, 18 tahun.

saya menangapi pertanyaan terlambat haid dan keputihan ... keputihan saya lengket dan berbau.. padahal saya belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan seks ... kira - kira knpa itu ya dok ?

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kehawatiran yang Anda rasakan. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.  Untuk itu perlu diingat kapan terakhir kali Anda haid dan bagaimana dengan siklus menstruasi Anda selama ini.

Mengenai keluhan keputihan yang Anda alami, apakah keputihan tersebut timbul disertai gatal? bagaimana konsistensinya apakah cair atau kental dan bagaimana warnanya apakah bening, putih, kehijauan atau kecoklatan? 

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Cairan vagina atau keputihan yang normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Karena keputihan Anda kemungkinan besar termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam. Keputihan abnormal yang mungkin Anda alami dapat disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya. Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab dari keputihan dan penyebab gangguan siklus menstruasi Anda sehingga Anda mendapat penanganan yang optimal.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kesehatan Kewanitaan yang kami miliki untuk informasi-informasi seputar haid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar