Sukses

Perut Membuncit

16 Oct 2014, 13:23 WIB
Wanita, 28 tahun.
Ibu saya berusia 53 tahun. Permasalahannya, di perut yang besar (buncit). Makan sehari - hari sudah dalam porsi kecil. Tapi lingkar perut tidak berkurang juga. Apakah kondisi di atas merupakan suatu penyakit? Bagaimana cara untuk mengecilkan lingkar perutnya? Kalau dibawa ke dokter, kira - kira ke dokter spesialisasi apa yang cocok? Mohon jawabannya. Thanks
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum kami melanjutkan menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami konfirmasi. Bagaimana dengan tinggi badan dan berat badan Ibu Anda? Apakah Ibu Anda memang tergolong gemuk? Adakah keluhan lainnya?

Perut membuncit pada wanita dapat berarti banyak hal. Jika memang Ibu Anda tergolong gemuk maka perut membuncit dapat merupakan salah satu manifestasi obesitas, yang disebut dengan obesitas sentral. Obesitas sentral adalah penumpukan jaringan lemak di daerah perut sehingga menyebabkan lingkar perut membesar.

Selain itu, perut membuncit pada wanita yang secara keseluruhan tidak gemuk dapat merupakan pertanda adanya massa yang membesar di dalam rongga perut. Hal ini bisa merupakan kelainan pada indung telur, rahim, atau organ-organ saluran cerna. Untuk hal ini, diperlukan pemeriksaan penunjang (USG) untuk memastikan diagnosis. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar